Laman

Cerpen tentang XENON

                 CERPEN XENON



Halo semua... Namaku Xenon ato singkatannya Xe. Aku adalah salah satu unsur dalam sistem periodik unsur yang memiliki lambang Xe. Nomor atomku 54 yang terletak di perioda 5 pada blok “p” golongan VIII A ato biasa disebut sama manusia sih gasmulia. Aku ini tidak berbau lho, tidak berwarna, dan tidak beracun juga. Hehe...
Massa atomku sekitar 131,293 gram per mol. Kunfigurasi elektron kalo dijabarin panjang banget tuh, jadi aku singkat za yaa jadi [Kr] 5s2 4d10 5p6 itu menurut teori Aufbau, jadi jumlah elektron setiap kulitku 2, 8, 18, 18, 8. Itu kata Sir William Ramsay yang menemukan aku pada tahun 1898 Masehi. Aku mempunyai struktur kristal kubus dan jari-jari atom ku 108 pm dan berfase Gas.
Aku mempunyai elektronegativitas 2,6 menurut skala Pauling. Massa jenisku 5,894 gram per Liter. Aku juga mempunyai Titik Lebur sekitar 161,4 derajat Kelvin (-111,7 derajat Selsius) dan Titik Didihnya sebesar 165,03 derajat Kelvin (108,13 derajat Selsius) dengan Kapasitas Kalor sebesar 20,786 Joule.mol-1.K-1.
Aku banyak diperoleh dari destilasi udara cair. Aku juga banyak digunakan dalam sektor perindustrian. Kebanyakan aku ditemukan dalam bentuk monoatomik dan bersifat radio aktip. Aku juga memiliki beberapa sifat yang menarik, yaitu aku digunakan sebagai anestesi, kemampuanku untuk memelihara jaringan biologis, dan aku juga dibutuhkan di bidang pencahayaan.
Aku banyak ditemui di alam bebas dalam bentuk Gas, karena titik didih dan titik lelehku sangat rendah. Kasihan ya aku ini. Tapi pada golonganku yaitu golongan gas mulia sangat sulit untuk bereaksi dengan unsur lain, karena konfigurasi elektron yang memenuhi kulit terluar atau elektron valensi luar penuh sehingga menjadi stabil. Bangganya diriku dan teman-temanku yang sekelompok, diantaranya Helium (He), Neon (Ne), Argon (Ar), Kripton (Kr), Radon(Rn).
Tapi, menurut percobaan yang dilakukan Neil Bartlett dan Lohmann, aku dan golonganku hanya dapat bereaksi dengan Oksigen (O) dan Fosfor (F). Senyawa yang pertama ditemukan adalah tiga serangkai antara aku, Platina, dan Fosfor, dengan lambang XePtF6.

0 komentar: