Laman

Beberapa Tips Sebelum Anda Membeli PC

Lakukan :
  1. Cari informasi hardware yang akan dibeli sebanyak mungkin sebelum Anda pergi ke toko.
  2. Biasakan untuk menyiapkan hardware pengganti yang setingkat dengan hardware pilihan untuk mencegah habisnya stok barang.
  3. Siapkan uang tunai untuk mempermudah Anda ketika akan berbelanja hardware yang memiliki harga jual di bawah satu juta rupiah. Anda tidak akan mau repot-repot pergi ke ATM ketika sudah mulai berbelanja.
  4. Catat seluruh komponen yang akan Anda beli, baik yang utama maupun kandidat pengganti yang telah Anda siapkan sebelumnya.
  5. Malu bertanya sesat di jalan, oleh karena itu Anda diwajibkan untuk bertanya kepada rekan-rekan yang lebih mengerti teknologi hardware saat ini.
  6. Atur besaran dana yang akan Anda belanjakan sebelum menyiapkan spesifikasi hardware di atas kertas.
  7. Siapkan dana lebih untuk mencegah harga barang yang naik serta mengantisipasi penggantian komponen yang telah Anda rencanakan sebelumnya secara tiba-tiba.



Jangan Lakukan :
  1. Membelanjakan uang Anda untuk mendapatkan konfigurasi hardware paling mutakhir karena perkembangan hardware sangat cepat. Ingat, hardware komputer bukanlah sebuah investasi, penurunan harga akan terjadi 6 hingga 12 bulan ke depan.
  2. Membeli hardware yang tidak ada di dalam daftar perencanaan yang telah Anda buat sebelumnya.
  3. Mengikuti semua ucapan yang penjual katakan karena tidak semua penjual mengerti spesifikasi dan feature dari hardware yang dijual. Oleh karena itu, Anda diwajibkan untuk mencari seluruh informasi yang dibutuhkan sebelum mulai berbelanja.
  4. Jangan mudah tergiur dengan diskon dan bonus yang berlebihan karena ketika Anda tidak merencanakan sebelumnya, semua hal tersebut akan menjadi berlebih dan belum tentu Anda gunakan sepenuhnya.
  5. Terpaku pada satu toko akan membuat Anda tidak mengetahui harga terbaik untuk komponen yang Anda cari. Oleh karena itu, jangan pernah terpaku pada satu toko saja.
  6. Usahakan untuk membandingkan harga dari beberapa toko untuk mendapatkan harga terbaik.


Tips untuk Anda yang Memiliki Dana Lebih

Apabila Anda tidak puas dengan komponen hardware yang telah CHIP pilih, dan memiliki dana lebih untuk sebuah PC, CHIP akan memberikan beberapa tips serta panduan komponen yang menjadi prioritas utama untuk di-upgrade agar memberikan kenyamanan dan performa yang lebih baik.

Office PC
Seperti yang telah CHIP paparkan di atas, sebuah PC untuk kantoran tidak membutuhkan graphics processor paling mutakhir. Oleh karena itu, Anda perlu mempertimbangkan penggantian prosesor, monitor, keyboard dan mouse. Seluruh komponen di atas merupakan komponen paling utama yang akan menunjang pekerjaan Anda sehari hari. Ganti prosesor Anda dengan prosesor yang memiliki core (inti) dengan jumlah di atas 2 (3, 4 atau 6), usahakan untuk menggunakan prosesor dengan kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan prosesor sebelumnya. Terakhir, cari prosesor yang memiliki jumlah L2 atau L3 cache yang besar. Cache yang besar akan menjadi nilai tambah tersendiri.
Monitor dengan resolusi dan ukuran yang besar tentunya akan menambah kenyamanan Anda bekerja. Pertimbangkan monitor berukuran 20-inch ke atas untuk mendapatkan resolusi yang tinggi (di atas 1680x1050). Dengan resolusi tinggi, Anda tidak perlu lagi menggeser scroll bar yang biasanya dialami oleh pengguna komputer yang menggunakan monitor dengan resolusi kecil.
Mouse dan keyboard juga perlu disesuaikan dengan kenyamanan Anda. Hal ini disebabkan kenyamanan mouse dan keyboard tidak dapat disarankan, Anda harus mencobanya langsung untuk mengetahui tingkat kenyamanan kedua produk tersebut.

Entertainment PC
PC entertainment tentunya harus menonjolkan fungsi multimedia, seperti menjalankan video berkualitas HD, memutar musik maupun menjalankan game terbaru walaupun tidak dengan kualitas terbaik. Untuk sebuah PC entertainment, prosesor yang cepat dan memiliki 4 hingga 6 core, sound card yang memadai, layar berukuran besar dan berresolusi tinggi, serta speaker dengan konfigurasi 2.1 yang powerful atau 5.1 surrround, tentunya akan memanjakan Anda dalam menikmati hiburan melalui PC.
Monitor dengan ukuran di atas 24 inci merupakan rekomendasi CHIP. Pertimbangkan monitor yang memiliki response time 2ms agar tidak menimbulkan efek ghosting ketika memutar film. Selain itu, jika Anda akan menggunakan prosesor yang memiliki jumlah core lebih banyak serta graphics card highend, Anda perlu mempertimbangkan sebuah power supply berdaya di atas 600 watt. Hal ini dikarenakan, sebuah prosesor dengan core yang banyak dan graphics card high-end terbaru membutuhkan daya yang tidak sedikit. Kedua komponen tersebut dapat menghisap daya hingga 300 watt saat full-load.

Sumber : CHIP MAGAZINE
Situs Web : CHIP MAGAZINE


0 komentar: